Wednesday, May 25, 2022

Week 14b: Accounting for Income Tax – Temporary vs Permanent Difference

M.ok.ru semula kita lanjutkan pembahasan tentang Akuntansi PPH ya ya ini kita akan bahas tentang beda tetap Apa yang dimaksud perbedaan tetap dan perbedaan temporer biasanya perbedaan temporer ini kami sering mengistilahkan itu dengan apa dengan beda waktu ya Wek ya Ini namanya BW beda waktu ya kalau yang perbedaan utamanya bete ya Bebedahan .

Tetap beda tetap PT ya kita isi ini adalah Islam kita pakai ya yang biasanya kita pakai di lapangan ya dan juga di ya diujicoba setia kayak gini ya tetap adalah bete beda waktu adalah BW Ya silakan dihafalin key ya penting sih mau saya karena nanti kan takutnya bingung gitu loh Pak beda tetap tempted to temboknya tetap Pak ya bete adalah beda .

Ya oke semua apa yang dimaksud dengan beda tetapi tetap adalah ya kalau berdasarkan ini kado perbedaan plafon pajak yang terjadi karena terdapat produk pendapatan biaya yang diakui menurut akuntansi komersial tetapi tiga diakui menurut fiskal dan begitu juga sebaliknya nah intinya apa intinya adalah ini yang termasuk ke .

Dalam empat apa non-taxable income ya menurut DJP Ya dibawa pajak dan yang tidak termasuk dalam non deductible expenses GB yang tidak dapat dikurangkan dari pajak nyemprot pajak sama ada satu lagi ini yang teks sebelum kamu tapi final tapi final ya Nah cuman ini doang sih sebetulnya yang dimaksud dengan beda tetapi itu ya kalau kita masukkan ke .

Undang-undang pajak ini pasal 4 ayat 2 ya kemudian yang non taxable income itu bukan objek pajak berarti 4 ayat 3 kemudian yang non deductible expense itu biaya yang akan anda bukan yang tidak dapat dibebankan sebagai biaya sebagai beban ya beban yang tidak dapat dibebankan sebagai biaya atau harga biaya ilmu tidak dapat DP .

Dan sebagai bau beban menurut pajak Oke deh intinya 8 lebih senang menggunakan istilah non tidak timbul expert lebih singkat dan lebih tidak menimbulkan bias ia dalam penafsiran ini masih ini pasal 9 ayat 1 ya Nah apa aja silahkan kalian lihat undang-undangnya ya oke nah itu pada dasarnya bisa tetap hanya berkisar Deep 43 pasal 4 ayat 2 final ke-3 .

Non-object ya kemudian Selain itu yang bukan beban yang tidak dapat diakui sebagai beban ya menurut pajak nah oke kita lihat contohnya 8 contohnya adalah ini ya Pertama masih landak kalau kita baca di panjang banget penghasilan dia menurut akuntansi diakui sebagai penghasilan bukan merupakan penghasilan yang menjadi objek pajak intinya mah apa .

Sih alat ini adalah 4 ayat 3 gitu lo ah susah banget oke contohnya dividend Iya nah dividen itu kalau bagi I am perseroan terbatas ya Inget disini rubezh kalau pajak ya kalau diterima oleh CV berarti tidak termasuk kedalam lingkup 4 ayat 3 Nah jadi deviden yang diterima oleh CV ya CVT masih jauh itu lagi tekan ada perusahaan kode PT ada CV .

Ya Nah seperti itu Firma gitu ya volt Nah kalau dia bukan oleh perseroan terbatas maka bukan konteks yang 4 ayat 3 sehingga bisa dibebankan pada bisa diakui sebagai penghasil jadi itu lah kelemahan rule-based jadi untuk betul harus stick to the point harus teliti itu loh Apa kata aturan gitu ya gitu-gitu Kalau nggak ya nggak bisa .

Masuk gitu ya yang menjadi wajib pajak dalam negeri nah ingat ini dalam negeri kalau wajib pajaknya itu luar negeri berarti juga tidak termasuk ke konteks partai tiga Nah dari penyembahan modal sebesar 20% atau lebih ya berarti ini lebih besar sama dengan 20% gitu ya ini apa Oh no Sivia kepemilikannya pada apa jadi a&y .

Memiliki kepemilikan pada perusahaan B ya minimal 20% ya lebih besar itu yang termasuk konteks mengobjektifikasi kalau dia kepemilikannya 20% maka ini tidak termasuk ke dalam konteks PPA 43 berarti ini masuknya tetap kita bebankan sebagai 4 N 1 atau teks sebelum ini tahu gitu ya Nah gitu jadi in specific banget ya harus diperhatikan kata perkata ya Anda .

Badan Usaha yang didirikan dan berkedudukan di Indonesia Nah kalau berkedudukan di luar negeri juga tidak termasuk ke dalam konteks ayat 3 Nah itu rubezh ya seperti itu Jadi harus detail ya oke nah itu 463 ya contohnya ya ada di pasar w3f kau tidak salah saya masih hafal nah kemudian kau disini penghasilnya maupun .

Ponsel dihapus sebagai penghasilan tapi Menurut ketentuan pajak dikenakan PPH final masih ini 4 ayat 3 yang bawah adalah 4 ayat 2 Udah gitu doang Ya ini pada F2 dah nggak usah terlalu bikin pusing ya Nah contohnya bunga deposito serta tabungan serta diskonto SBI ya Nah ini buka bunga deposito berapa persen ya lupa 15/20 kemudian diskonto SBI 20% .

Kalau tidak salah kemudian diskonto SBI Mabes persen nanti silahkan kalian lihat lagi ya SPM ini surat perbendaharaan negara ini kurang dari satu tahun ya kalau kurang dari satu tahun dia 15% kalau dia surat utang negara berarti diatas satu tahun maka dia pernah 20% ya finalnya nanti dan kalau final itu dikenakan Peraturan Pemerintah .

Ditetapkannya ya Jadi bukan dengan undang-undang 4 ayat 2 ini ini hanya sebagai cantolannya ditetapkan lebih lanjut melalui Hai Peraturan Pemerintah jadi yang ada di Sini Aa sampai je ini ada 10 ATP yang mengatur tentang finkle pajak apa saja dikasih Athena itu ya Jadi masing-masing ini tuh ada PP ya gitu Nggak main-main .

Lah kemudian bunga obligasi ini belas persen Kalau nggak salah ya Ini juga ya ini penghasilan ya jadi investment in inborn Nah kita menerima interveningnya dikenakan finalnya berapa 15% hadiah undian 20% ya penjualan saham nah ini ada yang penjualan kalau saham portofolio ya Trump portofolio itu habis seperti kita investor ritel biasa ya Oh .

Dia portofolio gitu ya maka dikenakannya setiap kali penjualan dari dari omsetnya ketika kita jual berapa masuk dikenakan 0,1% dia nah itu yang di yang jadi ya ini bertentangan dan PPh PPH itu trus capital gain Ya tapi ini diterapkan atas penjualannya seperti itu ya nggak papa lah ini final juga dikenakannya nah kalau penjualan saham pendiri Apple .

Kalau saya diri perusahaan atau emiten misal saya pendiri dari icbp Indofood cbp Sukses Makmur Nah kalau saya menjual sebagian saham saya maka saya dikenakan 2001 persen dan ditambah 0,5% nah gitu Nano inilah yang dimaksud dan apa langsung bruto ya atas penjualan brutonya ya jadi penjualan dikenakan 22 tarif 101 persen ditambah 0,009 jadi 0,6 .

Persennya nah sama satu lagi atas Capital gamenya kalau untuk penjualan saham pendiri ketipu gen-gen ini nanti masuknya berapa total penjualannya dikenakan PPH final tapi selisih antara awan dan pembeliannya harga saham awalnya itulah dimaksud dengan capital gain ya ketika dia jual di harga misalkan sekarang 8000 itu ya Nah ketika .

Dulu dia memiliki pertama kali terbit di ribu di Bursa atau pada saat Ipo gitu ya harganya adalah berapa misalnya harganya 100perak Nah kamu jual berapa kamu jelas ribu lembar nanti 1000 lembar itulah nanti yang akan dikurangi dengan ini dikalikan dengan ini akan menjadi 7900 ya 7900 dikali dengan 1000 lembar 1000 nah ini inilah yang nanti akan dikenakan .

Capital gain dan akan masuk ke mana Ke tarif pasal 17 nah tapi khusus sang pendiri saja kalau saya kita sawit RUU dia karena setiap hari mingguan transaksi yeah yeah itu udah memonitor tuh Siapa pemilik saham pendiri DCB semuanya udah datanya di KPP mana KTP MB Nanti kalau dia tiba-tiba dijual dapat info dari .

Bursa Efek Nah nanti dia otenta ada nih pajak penjual sendirinya akan tadinya berbeda 0,5% Yaudah langsung ke SPT WP OP ya langsung nanti jadikan konser oh ternyata ada harus ada tapi ntar lagi ya seperti itu jadi nanti ini 17 banget Masuk ke mana Ke wpob kenapa website karena si saham pendidikan memiliki orang pribadi ya wpob ya biasanya tuh .

Orang pribadi yang marganya Wijaya Wijaya atau saling dan sebagainya gitu ya nanti SPT yang mereka nanti dilihat tuh berapa peningkatan penghasilannya kekayaannya naik biasanya ini harus masuk ya kalau ini belum masuk berarti nanti ada koreksi positif ya masukin dulu gitu ya oke itu sekelumit tentang penjualan sahamnya kemudian kalau ini .

Pengalihan hak atas tanah bangunan ini persen kemudian di tahun 2016 itu berubah menjadi dua setengah persen karena adanya pengalihan ya bphtb berkaitan dan bphtb ya 25% dan 2931 beberapa saya lupa nanti kalian lihat sendiri ya Dan ini sudah diberikan dibantah oleh para pajak Kalau tidak salah ya Nah ini kaitanya dengan bphtb .

Nanti ya kalau bagi penjual dikenakan PPH final bagi pembeli maka dikenakannya bphtb ini bagi Bayern baya berisi tanahnya karena atau bangunan ya kemudian kalau jasa konstruksi ini ada dua ya ada rencana sama pengawas ya adalah banyak ya hillstate kemudian ada sewa tanah ini Rich 10% kecilnya salahnya 10% pengujian juga atau 15% .

Nanti kalian lihat ya kemudian juga dividen yang terima Op ini sepuluh persennya inilah seperti itu tapi kalau ditopang teks akurasi PPH ini tidak kita usah dihafalin lestarinya ya karena itu maksudnya mata kuliah perpajakan 2/1 ya di BPHI di KM ya cuman singkat aja laptop ane berapa gitu ya oke nah baru ini yang ketiga adalah non deductible .

Expense ia biaya digunakan untuk reparasi lautan objek nah ini ngelihat diparut 9 ayat 1 ya sanksi perpajakan sumbangan enggak boleh nah dan sebagainya itu beda tetap dengan kalau beda temporer ini perbedaan yang akan terpulihkan GB ya jadi bersifatnya sementara ya misalkan apa ya misalkan yang paling sering itu adalah di pasal 9 .

Ayat 2 dan pasal 10 tentang penyusutan ya yang saya maksud Kalau saya bilang pasal-pasal itu berkaitan dan udang PPH ya ingat ya maka ini depresiasi ya penyusutan penyusutan nah di menurut pajak itu Misalkan mobil ya Nah ini menurut pajak ini bisa 10 tahun misalkan dia termasuk tergantung mobil itu ke golongan mana Golongan 1 2 atau 3 atau 4 .

Ya tergantung dari undang-undang ya peringkat saya kalau menurut akuntansi itu Misalkan cuma lima tahun seperti itu Sedangkan pos mobil itu adalah misalkan 500000000 Ya udah ini kencang perbedaan ini doang ya pada dasarnya tapi misalkan lebokno gitu ya ya udah nanti pada kalau di pajak pada akhir tahun ke-10 baru .

Nilai nol kalau akhir tahun kelima gue belum 50 gitu ya seperti itu nilainya berapa ya tinggal bagi 500 bagi 10 ya 55-250 Ya sedangkan kalau di menurut pajak saya melunasi ditahun kelima dia sudah nol nilainya nah ini cuma perbedaan waktu aja karena kenapa Karena pada saat Aa pajak akan mau pada saat nanti tahun ke-10 kini Enno ini satu ini .

Lima ini 10 ya menurut pajak itu ya Bu Feline ya gitu ya yang ditahun kelima itu 250 ini yang atasnya pajak ya pajaknya Hai yang begini akunnya akate key namun akuntansi ini sudah 06 lupa Jaka panglong ditahun ke ini perbedaan waktu ya jadi hanya membedakan antara ya kapan mencapai nol nya aja nah blur .

Berlomba-lomba mencapai nol gitu ya Yang kalau bintang kalimat pokoknya disini berbeda antara pajak dengan pungutan Sina inilah yang dimaksud perbedaan waktu dan nanti dirinya pertahun gitu ya setiap tahun Nah itu timbul karena penyusutan di pasal 10 atau pasal 9 ayat 2 ya Nah dari situ selain penyusutan apa Vivo Iya kalau lu pajak Vivo gitu mereka .

Pondasi misalkan eh apa namanya kalau panjang ini Vivo menurut akuntansi everyday everyday Nah jadi kayak gitu juga ini yang biasanya terjadi yang biasanya terjadi itu kau tidak FIFA persediaan nah atau atau adalah Pak atau dia penyusutan Denim lebih berendam pake kemana bertambahnya kecewa UGM ya seperti itu Jadi ada .

Perbedaan pernyataan CEO guess not pajak dan akuntasi ya oke oke dari sini itulah yang dimaksud dengan perbedaan sementara ya jadi alam apa yang menyebabkannya ini kita baca ajalah ya perbandingan Terus yang puluhan kerugian telah diakui dalam menghitung laba komersial tapi baru diakui dalam menghitung PKP pada saat realisasi nah ini contohnya ya Jadi .

Kalau mutlik pajak itu tidak boleh ada ini dengan cadangan ini menjadi dikoreksi ya Dan kalau koreksi atas beban ya nanti menimbulkan apa bebannya menjadi Andre understated lebih kecil Kalau memang reset berarti net income akan offset atau naik ya kalau udah tinggal nih berarti Teks yang pun akan ikut naik ya Sehingga protection inilah .

Koreksi Fox kau positif seperti itu Nah ini di koreksi fiskal positif oleh DJ Oh ya jadi kapok Kenapa ini boleh ntar kalau udah terealisasi ya kalau kata DJP Kalau menurut aku nantikan boleh-boleh aja kita membentuk alones ya Nah ini ada di mana ada di pasal 39 ayat 1 juga tapi yang suruh ngapain gitu ya seperti itu tapi dampaknya Bukan beda tetap ya jadi .

Palsu ke-1 muslim memang beda Tetapi ada juga yang beda waktu contohnya ya cendawan ini penguasa ini pak RW 1 huruf C tidak salahnya kalian bisa lihat yakult.com dana cadangan nah oke Kemudian yang kedua adalah apa yang kedua adalah nah ini yang diakui dalam menghitung pernah PKP di lebih cepat ya contohnya apa kalau menurut pantai .

Akuntansi eh yang diakui by lebih cepat dalam menghitung PKP dengan pembubaran untuk mengkonversi elne maksudnya Apa maksudnya mah ya tadi ya perbedaan penyusutan Iya kan kalau berupa jas Terdapat lima tahun Berarti yang aku tadi lebih cepat ya seperti itu sama-sama ujungnya agak nol cuma pajak mulutnya waktu 10 tahun sedangkan letak .

Xilem atau pailit contohnya penyusutannya dan ini diakui 100% ya karena merupakan perbedaan temporer ada 50% itu kelapa tahu penyusutannya berkaitan dengan apa misalkan berkaitan dan kendaraan sedan yang dibawa pulang oleh siapa oleh direksi Eh ini kurangi oleh direksinya ada di Tab 2852 asem berapa Gisel lupa pokoknya banyak banget .

Aturannya Ya saya bisa tidak bisa Jadi intinya kendaraan sedang dibawa pulang oleh direksi itu dikenakan 50% ya penyusutannya ya ini nanti dipilah tuh ini penyusutan sama DB disisir lagi oleh auditornya mana ini punya mobil buat ada berapa mobile mobile pengguna untuk apa aja untuk operasional atau direksi direksi dipisahin daya Pikir sendiri .

Jadi mau pesen aja gitu ya sama Bisakah anda HP ya HP digunakan oleh karyawan dapat fasilitas biasanya kan ini Manager keatas ya maka hole operasional HPnya paket data dan sebagainya yang berkaitan dan HP akan dikenakan 50% termasuk juga HPnya ya tapi ini hanya HP aja Bagaimana kalau laptop pakai laptop tidak belum diatur diatur Andi dp-nya sehingga tidak .

Dikenakan demikian jadi ingat karena rule-based tidak semuanya bisa dikenakan 50% ya Nah tergantung aturannya key dan kemudian eh semoga penyusutan tidak bangun kepada banyak tahu antarabangsa dianggap sebagai perbedaan tetap ya oke nah kemudian yang ketiga adalah nah ini pendapatan ataupun laptop sebagai penghasilan pada saat itu makhluk yang .

Fiskal sedang waktunya operasi secara proporsional atau amortisasi itu contohnya adalah apa-apaan order revenue ya Nah ini betul-betul Bigfoot ya ya Jadi kalau yang ini ini terkait dengan beban-beban itu di pasal 9 ya yang jadi nanti ada Pasal 6 dan 9 ya jadi kalau Space 9 muslim itu adalah beda tetap ya kemudian di Pasal 6 itu juga ada apa .

Namanya tidak timbul ekspansinya di mana the tables pesta ada sebagian yang masuk tuh beda waktu ya Nah kalau yang ini Ini berkaitan dengan pasal 4 ya tentang penghasilan Nah ada yang anekdot inikan diamortisasi dibagi dengan tahunnya kalau pajak tidak kayak gitu ya pajak Biasanya apa namanya dia langsung diakui ya di awal gitu ya kalau tidak ya .

Dilihat dulu Kapan Michiels rekeningnya atau pajak lihat senternya ya seperti itu jadi bisa jadi usahanya tahun 2020 masih anget kapan realisasi 2021 ya berarti menurut pajak Ya hanya akan kita catat dikenakan di 2021 ya selesai Hai nah seperti itu ya nanti ada ekualisasi juga antara PPH dan PPN dan khususnya ini benda bahkan yang bikin .

Olshop itu masih diakui dimasa mendatang contohnya adalah equity method untuk investasi pada perusahaan asosiasi atau anak perusahaan yakni kau untuk FB itu adalah kesimpulannya tentang perbedaan temporer Kesimpulannya adalah bahwa ada dua ya untuk beban berkaitan dan beban ya Pasal 6 dan 9 kemudian berkaitan dengan pendapatan dipasang Pak ya Nah .

Kalau beban biasanya adalah depresiasi ya sama fifolifo ya karena itu berkaitan dan Kya depresiasi sama cogs imagenya fifolifo ya Sama dana cadangan itu juga seringnya cadangannya kalau beban ini biasanya yang keluar adalah yang antar data atau deferensia berakrab Ria oke itu aja bisa sampaikan terkait yang dimaksud dengan biaya tetap dan beda .

Temporer Semoga bisa bermanfaat kita akan lanjutkan pada pembahasan selanjutnya mengenai koreksi fiskal positif dan negatif terima kasih

RELATED ARTICLES

Most Popular